a) Penulisan Soal Pilihan Ganda
Berdasarkan buku Penilaian Tingkat Kelas yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tahun 2003, dalam menulis soal pilihan ganda perlu memperhatikan kaidah-kaidah sebagai berikut:
Materi
(1) Soal harus sesuai dengan indikator.
(2) Pilihan jawaban harus homogen dan logis ditinjau dari segi materi.
(3) Setiap soal harus mempunyai satu jawaban yang benar atau yang paling benar.
Konstruksi
(4) Pokok soal harus dirumuskan secara jelas dan tegas.
(5) Rumusan pokok soal dan pilihan jawaban harus merupakan pernyataan yang
diperlukan saja.
(6) Pokok soal jangan memberi petunjuk ke arah jawaban benar.
(7) Pokok soal jangan mengandung pernyataan yang bersifat negatif ganda.
(8) Panjang rumusan pilihan jawaban harus relatif sama.
(9) Pilihan jawaban jangan mengandung pernyataan, "Semua pilihan jawaban di atas
salah", atau "Semua pilihan jawaban di atas benar".
(10) Pilihan jawaban yang berbentuk angka atau waktu harus disusun berdasarkan
urutan besar kecilnya nilai angka tersebut, atau kronologisnya.
(11) Gambar, grafik, tabel, diagram, dan sejenisnya yang terdapat pada soal harus
jelas dan berfungsi.
(12) Butir soal jangan bergantung pada jawaban soal sebelumnya.
Bahasa
(13) Setiap soal harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa
Indonesia.
(14) Jangan menggunakan bahasa yang berlaku setempat, jika soal akan digunakan
untuk daerah lain atau nasional.
(15) Setiap soal harus menggunakan bahasa yang komunikatif.
(16) Pilihan jawaban jangan mengulang kata atau frase yang bukan merupakan satu
kesatuan pengertian.
b. Penulisan Soal Uraian
Pedoman Penulisan soal bentuk uraian dapat kita baca dari buku Penilaian Tingkat Kelas yang diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Nasional tahun 2003, demikian kutipannya:
Materi
(1) Soal harus sesuai dengan indikator.
(2) Setiap pertanyaan diberi batasan jawaban yang diharapkan.
(3) Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan tujuan yang akan di ukur.
(4) Materi yang ditanyakan harus sesuai dengan jenjang jenis sekolah atau tingkat
kelas
Konstruksi
(5) Menggunakan kata tanya/perintah yang menuntut jawaban terurai.
(6) Ada petunjuk yang jelas tentang cara mengerjakan soal.
(7) Setiap soal harus ada pedoman penskorannya.
(8) Tabel, gambar, grafik, peta atau sejenisnya disajikan dengan jelas dan
terbaca
Bahasa
(9) Rumusan kalimat soal harus komunikatif.
(10) Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau baku.
(11) Tidak menimbulkan penafsiran ganda.
(12) Tidak mempergunakan bahasa yang berlaku setempat.
(13) Tidak mengandung kata/ungkapan yang menyinggung perasaan siswa.
Dikutip oleh: Semiyanto
Sumber: Penilaian Tingkat Kelas, Depdiknas, 2003.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar